TANDA TANDA USUS BUNTU, PENYEBAB USUS BUNTU DAN CARA MENGOBATI USUS BUNTU


Apendisitis atau yang lebih kita kenal dengan sebutan usus buntu ada kondisi dimana usus buntu mengalami peradangan. Perlu kita ketahui untuk penyakit ini, membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. Apabila tidak ditangani sesegara mungkin maka bisa menyebabkan infeksi yang lebih berat. 

tanda tanda usus buntu
Tanda Tanda Usus buntu


Ada beberapa gejala awal yang akan kita rasakan apabila kita terkena penyakit usus buntu, berikut gejala penyakit usus buntu 

·         Mengalami demam ringan 
Gejala awal bisa berupa demam ringan. hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita berlawanan dengan infeksi yang menyerang usus buntu. Sehingga suju tubuh naik sekitar 37 sampai dengan 38 Derajat celcius. 

·         Mengalami sakit perut dibagian kanan
Sakit perut dibagian kanan bawah merupakan gejala awal dari usus buntu, biasanya ditandai dengan nyeri dan kram pada area perut tersebut. Hal ini terjadi karena usus mengalami pembengkakan dan peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri yang terdapat pada usus buntu. 

Bakteri tersebut akan terus bereaksi sehingga mengiritasi lapisan dinding perut. Dan kita akan mengalami nyeri dibagian kanan perut bawah. 

Pembengkakan tersebut akan semakin parah apabila kita melakukan banyak aktivitas. Oleh karena itu disarankan untuk langsung ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang tepat oleh dokter . Apabila dibiarkan bisa jadi akan menimbulkan kematian. 

·         Sulit buang Angin 
Hal ini wajar terjadi bagi anda yang terkena penyakit usus buntu. Karena terjadi pembengkakan pada usus buntu menyebabkan penyumbatan sehingga kita susah untuk buang angin.

·         Mual, Muntah dan Nafsu Makan menurun
Ketika terjadi pembengkakan pada usus buntu, maka sistem pencernaan kita akan terganggu. Bukan hanya nyeri yang dirasakan, terganggunya sistem pencernaan akan membuat kita mual dan muntah sehingga nafsu makanpun berkurang. 

Hal ini dikarenakan Sekresi akan sulit terbuang, sehingga menyebabkan rasa mual dan muntah datang berkali kali.

·         Mengalami Diare dan Sembelit
Diatas sudah disebutkan ketika terjadi peradangan usus buntu maka sistem pencernaan akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan Diare (Mencret) dan Sembelit (Feses menjadi keras).

Apabila sembelit semakin parah, maka akan menimbulkan penyakit yang lebih parah lagi yang disebut dengan obstipasi. Begitu juga dengan diare, jika diare terjadi terus menerus maka akan menyebakan kematian bagi penderitanya.

Nah itulah beberapa gejala yang timbul apabila kita terkena usus buntu, Seperti yang sudah dikatakan diatas usus buntu perlu penanganan medis yang tepat. Jika anda mengabaikan hal tersebut maka bisa menyebabkan usus anda pecah dan anda meninggal dunia. 

Selain gejala yang timbul diatas, ada baiknya kita juga perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab terjadinya usus buntu. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan terjadinya usus buntu 

·         Makanan 
Makanan merupakan hal utama yang menyebabkan terjadinya usus buntu. Terutam makanan siap saji atu isntan. Makanan seperti ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mie Instan merupakan makanan yang menjadi penyebab utama terjadi usus buntu. hal ini dikarenakan mie instan sulit untuk dicerna oleh usus. 

·         Infeksi Saluran pencernaan
Infeksi biasanya disebabkan oleh virus, Jamur dan bakteri. Virus yang bertumpuk akan menyebabkan penyumbatan pada usus. Inilah yang menyebabkan terjadinya usus buntu. 

·         Faktor keturunan 
Apabila dikeluarga kita ada yang pernah mengalami usus buntu bisa jadi kita juga akan terkena usus buntu. 

Tidak banyak yang tau mengenai hal ini, namun orang orang yang memiliki golongan darah A berisiko lebih tinggi terkena usus buntu 

·         Adanya Penyumbatan 
Penyumbatan yang dimaksud adalah penyumbatan feses atau sisa makanan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya usus buntu. 

Hal hal diatas merupakan penyebab terjadinya usus buntu. Oleh karena itu kita harus terus menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Memakan makanan yang kaya akan serat. Mengurangi makanan siap saji dan lain lain .

Usus buntu yang diabaikan , Akan menimbulkan beberapa Komplikasi yang membahayakan tubuh kita. Dianataranya yaitu sebagai berikut.

·         Asbes 
Ini adalah kondisi dimana terbentuknya kantung nanah. Hal ini timbul karena usaha tubuh untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada usus buntu. 

·         Peritonitis
Infeksi pada peritoneum yang mengakibatkan pecahny usus buntu sehingga infeksinya menyebar hingga keseluruh rongga perut. 

Untuk pengobatan usus buntu sendiri biasanya harus dilakulan operasi pengangkatan atau yang lebih kita kenal dengan istilah apendektomi. 

Operasi dilakukan dengan membedah perut bagian kanan dan mengangkat usus buntu. Namun untuk kasus lain seperti usus buntu sudah pecah maka dilakukan penyedotan nanah terlebih dahulu. Apabila penyedotan ini sudah selesa, kita harud menunggu sekitar seminggu kemudian baru bisa melakukan pengobatan usus buntu.



0 Response to "TANDA TANDA USUS BUNTU, PENYEBAB USUS BUNTU DAN CARA MENGOBATI USUS BUNTU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel