CIRI CIRI BATU GINJAL DAN PENYEBAB BATU GINJAL


Batu ginjal merupakan kondisi dimana limbah yang terdapat di dalam darah membentuk Kristal dan menumpuk di ginjal. Hal ini dikarenakan urin terlalu banyak mengandung garam, sehingga garam tersebut tidak larut di dalam darah.

Ciri Ciri batu ginjal
Ciri Ciri batu Ginjal


Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mengenai gejala dan penyebab terjadinya batu ginjal. apabila hal ini dibiarkan dan tidak di tangani secepat mungkin maka bisa menyebabkan kematian.

PENYEBAB BATU GINJAL

Ada berbagai factor penyebab terjadinya batu ginjal. di dalam artikel ini akan kita bahas apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal.

·         Kurang minum Air Putih
Kekurangan air putih akan menganggu proses pencernaan, terutama pada ginjal. saat kekurangan air putih ginjal harus bekerja lebih keras dan akan terjadi penumpukan kotoran sehingga tidak bisa dikeluarkan. Inilah yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. selain itu kekurangan air putih juga akan menyebabkan terjadinya sakit pinggang

·         Terlalu banyak mengonsumsi minuman  botol berwarna
Minuman botol berwarna mengandung berbagai macam zat kimia. Nah salah satu penyebab batu ginjal yaitu air kencing yang terlalu banyak mengandung bahan kimia sehingga ginjal menyebabkan ginjal bekerja lebih keras.

·         Menahan air kencing
Kebiasaan menahan air kencing merupakan kebiasaan yang buruk dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Orang yang sering menahan kencing harus membayarnya dengan batu ginjal atau penyakit yang lebih buruk dari ini. Kebiasaan menahan kencing akan mengakibatkan endapan pada ginjal yang lama kelamaan akan mengeras membentuk batu ginjal. hal terburuk yang bisa terjadi anda bisa terkena gagal ginjal.

GEJALA GEJALA BATU GINJAL

Gejala batu ginjal biasanya baru muncul ketika batu ginjal tersebut sudah membesar. Namun terkadang gejala itu tidak nampak. Gejala batu ginjal yang biasanya terjadi adalah sakit pinggang yang luar biasa dan merasa nyeri atau sakit saat buang air kecil.

Gejala lain yang timbul yaitu sering buang air kecil dan jumlah urin yang dikeluarkanpun sedikit, tidak normal seperti biasanya. Urine berubah warna menjadi merah muda, coklat dan merah. Berawal dari gejala gejala kecil ini apabila dibiarkan bisa menyebabkan infeksi saluran kandung kemih atau bahkan akan menyebabkan gagal ginjal.

Masih banyak gejala gejala batu ginjal lainnya seperti demam, mual, menggigil dan lainnya. Apabila kita merasakan beberapa gejala diatas sebaiknya diperiksakan ke dokter, agar dilakukan penanganan yang tepat.

PENCEGAHAN BATU GINJAL

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya batu ginjal. berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya batu ginjal

·         Banyak mengonsumsi air putih
Perhari kita diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh yaitu 2 liter, kita dianjurkan untuk paling sedikit minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Air putih berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Selain itu air putih juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

·         Kurangi Asupan garam
Salah satu penyeba terjadinya batu ginjal adalah terlalu banyak mengonsumsi natrium (garam). Dikarenakan terkadang garam tidak dapat larut bersama urine sehingga mengalami penumpukkan yang menyebabkan terjadinya batu ginjal.

·         Menjaga berat badan
Memiliki berat badan yang berlebih ternyata meningkatkan resiko terkena batu ginjal. dikarenakan orang yang memiliki berat badan berlebih memilki jumlah kalsium yang tinggi pada urine yang dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal.

PENGOBATAN BATU GINJAL

Pengobatan batu ginjla biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien itu sendiri. Seberapa besar batu ginjal tersebut, sudah separah apa batu ginjal tersebut. Semuanya harus diperhatikan.

·         Pemberian obat obatan
·         Ureteroskopi (Penghancuran batu ginjal)
·         Operasi Bedah terbuka
·         Menggunakan Sinar Ultrasound (Sinar X)

Itulah beberapa ciri ciri batu ginjal dan cara mencegah batu ginjal. apabila kita merasakan beberapa gejala diatas segera periksakan ke dokter. Agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk kita yang tidak terkena batu ginjal, jangan lupa untuk terus hidup sehat. Mengonsumsi banyak air putih, berolahraga yang teratur dan jangan sesekali menahan air kencing karena hal tersebut dapat menimbulkan batu ginjal.


0 Response to "CIRI CIRI BATU GINJAL DAN PENYEBAB BATU GINJAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel