10 CIRI CIRI PENYAKIT GULA (DIABETES MILITUS)


Penyakit gula atau yang seirng disebut dengan penyakit diabetes, merupakan salah satu penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. 

Perlu kamu ketahui penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya. Terkadang kita tidak sadar bahwa kita terkena penyakit gula, hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui ciri ciri penyakit gula.

Dari beberapa kasus di dindonesia sebanyak 30% penderita penyakit gula ternyata tidak menyadari gejala gejala yang timbul pada diri mereka, sehingga mereka terlambat mendapatkan penanganan yang tepat dari rumah sakit.

Ciri ciri penyakit gula
Ciri ciri penyakit gula


Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui gejala gejala yang timbul akibat penyakit gula. Berikut merupakan gejala dan ciri ciri penyakit gula .

·         Sering buang air kecil

Ciri ciri yang pertama adalah sering buang air kecil, apabila anda sering buang air kecil di malam hari. Anda harus waspada dan segera periksakan ke dokter, karena ini merupakan gejala awal diabetes atau penyakit gula.

Dalam dunia ilmu kedokteran hal ini sering disebut dengan Poliuria. Poliuria ini terjadi akibat terlalu tingginya gula darah sehingga gula darah tidak dapat diserap oleh ginjal ddan tidak kembali ke darah.

Nah dikarenakan ginjal tidak dapat menyerap seluruh gula tersebut maka dikeluarkanlah cairan tersebut sehingga membuat kita sering kencing. Oleh karena itu apabila kita merasakan hal ini terjadi pada diri kita, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah kita terkena penyakit gula atau tidak.

·         Merasa lemas dan gampang kelelahan

Salah satu ciri ciri penyakit gula lainnya adalah sering merasa lemas dan mudah kelelahan. Hal ini dikarenakan terlambatnya tubuh memproduksi glukosa sehingga menyebabkan sel sel makanan yang seharusnya disalurkan ke seluruh tubuh tidak berjalan dengan lancer.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah atau rendahnya kadar gula di dalam darah. Penyebab lain dari kelelahan adalah insulin dalam tubuh tidak bekerja secara efektif atau tidak dihasilkan secara cukup.

Biasanya rasa lemas dan kelelahan muncul ketika selesai makan, karena tubuh kita tidak mencapatkan asupan energy untuk menjalankan fungsinya secara maksimal.

·         Gampang haus dan cepat lapar

Gejala yang muncul selanjutnya adalah polydipsia atau haus terus menerus. Rasa haus tersebut akan terus ada meskipun anda sudah minum. Berbeda dengan manusia normal apabila haus minum air dehaga dan rasa haus hilang.

Gejala ini muncul dikarenakan tubuh membutuhkan asupan air lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu jangan lupa untuk cek gula darah anda.

Salah satu tanda yang lain adalah mudah lapar, ini merupakan gejala diabetes. Gejala ini timbul dikarenakan hormone insulin pada tubuh tidak bekerja secara optimal.

Oleh karena itu rasa lapar akan terus muncul karena tubuh kita gagal merespon hormone insulin dengan baik, sehingga kebutuhan energipun tidak terpenuhi meskipun kita sudah makan dengan porsi yang lebih banyak.

Rasa lapar yang luar biasa dan peningkatan nafsu makan yang tidak normal dinamakan polifagia.

·         Berat badan  turun drastis

Hal ini tentu saja terjadi, sama halnya dengan lapar dan rasa haus terus menerus. Hormone didalam tubuh tidak dapat bekerja secara optimal sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan energy protein. Sehingga lemak yang ada didalam tubuh digunakan sebagai sumber energy untuk aktivitas tubuh. Pemecahan otot dan lemak sebagai sumber energy ini lah yang mengakibatkan berat badan turun drastis.

·         Apabila terdapat Luka maka sembuhnya lama

Kita lanjutkan ke ciri ciri penyakit gula selanjutnya yaitu proses penyembuhan luka terhambat. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ini dikarenakan kadar gula di dalam darah tinggi. Sehingga menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras.

Ketika tubuh mengalami luka dan memar maka proses penyembuhan memakan proses yang lama, dan terkadang luka tersebut malah tidak sembuh. Hal ini dikarenakan aliran darah menuju oksigen itu terhambat, padahal tubuh yang mengalami luka memerlukan oksigen untuk proses penyembuhan.

Selain proses penyembuhan yang lambat, sistem kekebalan tubuh kita pun menurun. Ini diakibat rusaknya sel sel tubuh yang menjaga sistem imun. Tak jarang pula luka sedikit pada tubuh akan menimbulkan infeksi, bahkan terkadang luka tersebut membusuk sehingga harus dilakukan amputasi.

·         Penglihatan terganggu

Seiring makin parahnya penyakit gula maka penglihatan kita akan mengalami penurunan. Penglihatan kita menjadi kabur dan buram. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Sehingga saraf mata mengalami kerusakan dan pendarahan.

Dalam masalah yang lebih serius biasanya penderita penyakit gula atau diabetes mengalami katarak dan terkadang ada pula yang sampai mengalami kebutaan permanen.

·         Gusi merah dan bengkak

Ciri ciri lain penyakit gula adalah mengalami gusa berdarah dan bengkak. Hal ini disebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan infeksi virus atau bakteri yang ada di mulut.

Dalam kasus lain hal ini dapat menyebabkan kanker mulut. Dikarenakan virus tersebut terus berkembang dan tidak terkontrol. Sehingga timbullah penyakit baru, kanker mulut.

·         Kaki berjamur atau tumbuh jamur dibagian tubuh

Ciri ciri penyakit gula ini biasanya di derita oleh orang yang terkena penyakit gula basah. Jamur tumbuh dibagian tubuh dikarenakan sistem kekebalan tubuh kita menurun, dikarenakan kadar gula di dalam darah tidak terkontrol.

Perlu kita ketahui kadar gula yang tinggi sangat disukai oleh virus dan bakteri , sehingga hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain seperti infeksi vagina atau infeksi saluran air kencing.

Itulah beberapa ciri penyakit gula yang harus kita ketahui, apabila salah satu tanda tersebut muncul pada diri anda. Kami sarankan anda segera periksakan diri ke dokter, hal ini sebagai upaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat apabila anda terkena penyakit gula.


0 Response to "10 CIRI CIRI PENYAKIT GULA (DIABETES MILITUS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel